Sastra Jiwa

Sekolah Penghafal Qur’an Berbagi Qurban

Jakarta,
Senin 6 Oktober 2014.

Idul adha selalu membawa pesan bermakna seantero dunia khususnya bagi Ummat Muslim dan pada umumnya adalah Masyarakat Dunia. Salah satu pesan yang bermakna adalah semangat dibalik peristiwa idul adha itu sendiri yaitu tauladan ketaatan kepada Allah SWT dari Nabi Ibrahim As dan keluarganya.

Azhari Islamic School Lebak Bulus yang merupakan salah satu Sekolah Penghafal Qur’an di Indonesia, termasuk salah satu Institusi yang mengajak masyarakat dan seluruh civitas akademika nya memaknai momentum idul adha ini. Hal yang Unik adalah anak-anak nan muda belia dengan hafalan Qur’an yang cukup banyak pada usianya berlomba untuk menabung dan menggunakan uang tabungannya untuk dibelikan Hewan Qurban. Sungguh fenomena yang membuat bulu Kuduk Merinding dan membuat haru masyarakat. Uang jajan harian mereka sisihkan sejak lama untuk menunggu momentum idul adha dan dibelanjakan hewan Qurban. Riuh ramai mengharu biru ketika Guru sekolah tersebut mengumumkan kelas mana yang mampu mengumpulkan tabungan Qurban terbesar, bayangkan setiap kelas sejak kelas 1 SD sampai kelas IX SMP mengumpulkan tabungan dan rata-rata perolehan tabungan tidak kurang dari Rp. 1.000.000. Kelas dengan perolehan tebesar mendapatkan penghargaan dari sekolah sebagai bentuk apresiasi akan amal terbaik.

Senin, 6 Oktober 2014, siswa-siswa hadir penuh antusias melihat prosesi pemotongan hewan Qurban. Dari dana tabungan siswa dan Donasi Qurban dari orang Tua maka tercapai perolehan 2 ekor sapi dan 8 hewan Kambing atau terkumpul 400 lebih paket Qurban yang dibagikan kepada masyarakat sekitar sekolah.

Ustadz Dedy Martoni S.Pd, M.Pd selaku tokoh Pendidikan Nasional yang bernaung dalam Organisasi Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) yang juga Direktur Azhari Islamic School Lebak bulus menuturkan bahwa kami akan mengajak anak-anak sejak usia dini untuk belajar menghayati setiap momentum Dalam Islam agar mereka mampu mengambil Inspirasi dan tumbuh karakternya sesuai dengan tokoh-tokoh inspirasi dalam Islam dan berbagai peristiwa dalam Islam, tutur beliau dalam suatu acara Rapat pimpinan. Pada hari tasyrik, beliau meminta anak-anak belajar di rumah dan membuat tulisan tentang Inspirasi yang didapat dari momentum idul adha.

Sekolah yang berlokasi di Jalan Pertanian Raya No 43, Lebak Bulus ini, tidak hanya saja mencetak Para insan muda penghafal Qur’an namun juga memiliki karakter Islami yang teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari, ini adalah salah satu cita-cita pendirian azhari Islamic School.

Muhamad Hadi kusumah/MHK

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s