Sastra Jiwa

๐ŸŒบMUQADDIMAH TAFSIR BAGIAN II๐ŸŒบ

Selasa: kajian tafsir

Menafsirkan Al Qurโ€™an dengan pendapat para sahabat

Mengapa? Karena mereka generasi terbaik yang hidup pada masa Rasulullah, mengetahui dan belajar langsung dari Beliau, mereka juga paling sedikit terdapat perbedaan ( ikhtilafat), ilmu mereka lurus dan dalam, hati mereka bersih, adil dan selamat dari pengaruh hawa nafsu, sehingga penafsiran mereka lebih utama sepeninggal Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam.
Contoh dalam bersuci:

Firman Allah:

ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชูู…ู’ ู…ูŽุฑู’ุถูŽู‰ ุฃูŽูˆู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽููŽุฑู ุฃูŽูˆู’ ุฌูŽุงุกูŽ ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุบูŽุงุฆูุทู ุฃูŽูˆู’ ู„ูŽุงู…ูŽุณู’ุชูู…ู ุงู„ู†ู‘ูุณูŽุงุกูŽ
โ€œ Adapun jika kalian sakit,atau dalam perjalanan atau setelah buang hajat atau telah menyentuh wanita.. ( QS. An Nisa:43)

Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu menafsirkan firman Allah: ุฃูŽูˆู’ ู„ูŽุงู…ูŽุณู’ุชูู…ู ุงู„ู†ู‘ูุณูŽุงุกูŽ
Mulamasah ( menyentuh wanita ) bermakna jimaโ€™ ( berhubungan suami istri ) yang mewajibkan bersuci ( Ibnu Abi Syaibah,1/192) ( Abdur Razaq fi Musanifihi, 1/134)

Menafsirkan Al Qurโ€™an dengan pendapat para tabiin

Karena mereka generasi terbaik setelah sahabat, mereka mengetahui dan mengalami masa kemuliaan bersama para sahabat sehingga pendapat tabiin lebih utama diterima dari yang lain pasca sahabat.

Syaikhul islam Ibnu Taimiyah berkata:

ู…ู† ุนุฏู„ ุนู† ู…ุฐุงู‡ุจ ุงู„ุตุญุงุจุฉ ูˆ ุงู„ุชุงุจุนูŠู† ูˆุชูุณูŠุฑู‡ู… ุฅู„ู‰ ู…ุงูŠุฎุงู„ู ูƒุงู† ู…ุฎุทุฃ ููŠ ุฐู„ูƒ ุจู„ ู…ุจุชุฏุนุง ูˆุฅู† ูƒุงู† ู…ุฌุชู‡ุฏุง ู…ุบููˆุฑุง ู„ู‡ ุฎุทุคู‡

Barang siapa yang meninggalkan madzhab para sahabat dan tabiโ€™in dalam penafsiran, lalu beralih kepada penafsiran yang berbeda maka ia telah melakukan kesalahan bahkan bidโ€™ah, jika ia seorang mujtahid maka kesalahannya itu akan diampunaโ€ ( Majmuโ€™ Fatawa, 13/362)

Menafsirkan Al Qurโ€™an dengan Bahasa Arab
Karena Al Quran diturunkan dalam Bahasa Arab, maka penafsiran yang sesuai adalah dengan merujuk kepada bahasa Arab.

Firman Allah:

ุฅูู†ู‘ูŽุง ุฌูŽุนูŽู„ู’ู†ูŽุงู‡ู ู‚ูุฑู’ุขู†ู‹ุง ุนูŽุฑูŽุจููŠู‘ู‹ุง ู„ูŽุนูŽู„ู‘ูŽูƒูู…ู’ ุชูŽุนู’ู‚ูู„ููˆู†

โ€œSesungguhnya Kami menjadikan Al Qurโ€™an dalam Bahasa Arab agar kalian mengertiโ€. ( QS. Az Zukhruf:3 )

Jika terdapat perbedaan makna secara bahasa ( lughawi ) dan makna secara Syarโ€™i ( istilah), maka yang diambil adalah makna syarโ€™i karena Al Qurโ€™an diturunkan untuk menjelaskan syariat bukan untuk menjelaskan bahasa. (Syekh Utsaimin, Ushul fi Tafsir, 27 )

Contoh makna syarโ€™i didahulukan:

ูˆูŽู„ูŽุง ุชูุตูŽู„ู‘ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽุญูŽุฏู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ู…ูŽุงุชูŽ ุฃูŽุจูŽุฏู‹ุง ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽู‚ูู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ู‚ูŽุจู’ุฑูู‡ู
โ€œ Dan janganlah engkau (Muhammad) melaksanakan shalat untuk seseorang yang mati diantara mereka ( orang-orang munafik).. ( QS. At Taubah:83)

Secara bahasa shalat bermakna doa, sedangkan makna syarโ€™ishalat disini adalah menyolatkan gembong munafik Madinah yaitu Abdullah Bin Ubay. Makna syarโ€™i dalam ayat ini didahulukan dari pada makna secara bahasa.
Namun ada kalanya makna secara bahasa Arab didahulukan dari makna secara syarโ€™i
Contoh:

ุฎูุฐู’ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงู„ูู‡ูู…ู’ ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู‹ ุชูุทูŽู‡ู‘ูุฑูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุชูุฒูŽูƒู‘ููŠู‡ูู…ู’ ุจูู‡ูŽุง ูˆูŽุตูŽู„ู‘ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ุฅูู†ู‘ูŽ ุตูŽู„ูŽุงุชูŽูƒูŽ ุณูŽูƒูŽู†ูŒ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุณูŽู…ููŠุนูŒ ุนูŽู„ููŠู…ูŒ

Ambillah Zakat dari harta mereka guna membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka sesungguhnya doamu itu menumbuhkan ketentraman jiwa bagi mereka, Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui ( QS. At Taubah:103 )
Makna shalat disini adalah doa. Sesuai dengan hadits yang bersumber dari Abu Aufa diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa sanya Rasulullah bersabda,โ€
ูƒุงู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฅุฐุง ุฃุชูŠ ุจุตุฏู‚ุฉ ู‚ูˆู… ุตู„ ุนู„ูŠู‡ู… . ูุฃุชุงู‡ ุฃุจูŠ ุจุตุฏู‚ุฉ ูู‚ุงู„: ุงู„ู„ู‡ู… ุตู„ ุนู„ู‰ ุงู„ ุฃุจูŠ ุฃูˆูู‰

โ€œNabi Muhammad Shalallahu Alaihi wasallam jika menerima orang yang membayar zakat Beliau mendoakan mereka, lalu datanglah ayahku membayar zakat, maka Nabi Berdoa,โ€ Ya Allah berilah kesejahteraan kepada keluarga Abu Aufa. (HR.Muslim,1078, Bukhari, 1497, 4166)

Ahli Tafsir (al mufassirun) Dari Kalangan Sahabat
As Suyuthi mengatakan bahwa ahli tafsir dikalangan sahabat adalah Khulafaur Rasyidin ( Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib), namun riwayat dari mereka tergolong sedikit, kecuali Ali bin abi Thalib. Karena sedikitnya penulisan tafsir, dan mayoritas para sahabat adalah orang-orang yang memahami Al Qurโ€™an.

Diantara ahli tafsir yang terkenal dikalangan sahabat adalah:

๐Ÿ‘‰Ali bin Abi Thalib

Ali bin Abi Thalib adalah anak paman Nabi, Abu Thalib, sekaligus menantu, karena menikah dengan Fatimah binti Muhammad. Ali masuk islam saat masih belia termasuk dalam golongan assabiqunal awwalun, lahir tahun ke 10 sebelum kenabian, beliau dipanggil sebagai Abul Hasan dan Abu Thurab. Terkenal dengan kecerdasan dan kekuatan hafalannya serta keberaniannya, sehingga Umar pun kagum terhadap kecerdasan Ali. Para Ulama Nahwu mengibaratkan aka nada permasalahan nahwu jika Abul Hasan ( Ali bin Abi Thalib ) tidak hadir di majelis.

Ali bin Abi Thalib berkata:

ุณู„ูˆู†ูŠ ุณู„ูˆู†ูŠ ุณู„ูˆู†ูŠ ุนู† ูƒุชุงุจ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ููˆ ุงู„ู„ู‡ ู…ุง ู…ู† ุฃูŠุฉ ุฅู„ุฃ ูˆุฃู†ุง ุฃุนู„ู… ุฃู†ุฒู„ุช ุจู„ูŠู„ ูˆู†ู‡ุงุฑ

Bertanyalah kepadaku, Bertanyalah kepadaku, Bertanyalah kepadaku tentang Kitabullah, Demi Alllah tak satupun ayat yang Allah turunkan di siang maupun malam. melainkan aku mengetahuinya.โ€ ( Ushulun fi Tafsir,34)

๐Ÿ‘‰ Abdullah bin Masโ€™ud

Beliau termasuk yang awal dalam keislaman, Rasulullah pernah berkata kepadanya,โ€
ุฅู†ูƒ ู„ุบู„ุงู… ู…ุนู„ู…, (engkau adalah anak yang pandai)โ€ (HR. Ahmad, 1/379)
Rasulullah juga pernah bersabda,โ€ Barangsiapa yang ingin mempelajari Al Qurโ€™an seperti kondisi diturunkan, maka belajarlah dari Ibnu Ummi โ€˜Abd (Abdullah Bin Masโ€™ud ) ( HR. Ibnu Majah,139)

Beliau berkata,โ€ Demi Allah yang tiada sesembahan selain-Nya, Tidaklah satu ayatpun yang diturunkan Allah melainkan aku mengetahui dimana dan kepada siapa turunnya, jika ada orang yang lebih mengetahui dariku tentang Al Qurโ€™an meski harus mengendarai unta, aku akan kesanaโ€. ( HR.Bukhari, 5002, Muslim, 2463)

๐Ÿ‘‰ Abdullah bin Abbas

Beliau adalah anak paman Rasulullah, Abbas bin Abdul Muthalib. Terkenal dengan sebutan Turjumanul Qurโ€™an ( Penafsir Al Qurโ€™an ).

Rasulullah pernah mendoakan Abdullah bin Abbas seperti diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam musnadnya:

ุฑูˆู‰ ุงู„ุฅู…ุงู… ุฃุญู…ุฏ ููŠ ู…ุณู†ุฏู‡ ู…ูู† ุญูŽุฏููŠุซู ุงุจู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ู ุนู†ู‡ู…ุง: ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูˆูŽุถูŽุนูŽ ูŠูŽุฏูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูŽุชููููŠ ุฃูŽูˆู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽู†ู’ูƒูุจููŠุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ: “ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ููŽู‚ู‘ูู‡ู’ู‡ู ูููŠ ุงู„ุฏู‘ููŠู†ูุŒ ูˆูŽุนูŽู„ู‘ูู…ู’ู‡ู ุงู„ุชู‘ูŽุฃู’ูˆููŠู„

Imam Ahmad meriwayatkan dari hadits Abdullah bin Abbas radhiyallahu anhuma, Rasulullah meletakkan tangan di pundak atau dibahuku, lalu berdoa,โ€ Ya Allah berilah ia kepahaman didalam agama dan ajarkan ia taโ€™wil ( tafsir )โ€. ( Ahmad,2/225, no.2397 )

Kecerdasan Abdullah bin Abbas juga diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari:

ุฑูˆู‰ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ููŠ ุตุญูŠุญู‡ ู…ูู† ุญูŽุฏููŠุซู ุงุจู†ู ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ู ุนู†ู‡ู…ุง ู‚ูŽุงู„ูŽ: “ูƒูŽุงู†ูŽ ุนูู…ูŽุฑู ูŠูุฏู’ุฎูู„ูู†ููŠ ู…ูŽุนูŽ ุฃูŽุดู’ูŠูŽุงุฎู ุจูŽุฏู’ุฑูุŒ ููŽูƒูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ุจูŽุนู’ุถูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽุฌูŽุฏูŽ ูููŠ ู†ูŽูู’ุณูู‡ูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ู„ูู…ูŽ ุชูุฏู’ุฎูู„ู ู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูŽุนูŽู†ูŽุง ูˆูŽู„ูŽู†ูŽุง ุฃูŽุจู’ู†ูŽุงุกูŒ ู…ูุซู’ู„ูู‡ูุŸ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูู…ูŽุฑู: ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุฏู’ ุนูŽู„ูู…ู’ุชูู…ู’ุŒ ููŽุฏูŽุนูŽุงู‡ู ุฐูŽุงุชูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูุŒ ููŽุฃูŽุฏู’ุฎูŽู„ูŽู‡ู ู…ูŽุนูŽู‡ูู…ู’ุŒ ููŽู…ูŽุง ุฑูุฆููŠุชู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุฏูŽุนูŽุงู†ููŠ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุฆูุฐู ุฅูู„ู‘ูŽุง ู„ููŠูุฑููŠูŽู‡ูู…ู’ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู…ูŽุง ุชูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ ูููŠ ู‚ูŽูˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰: ๏ดฟ ุฅูุฐูŽุง ุฌูŽุงุก ู†ูŽุตู’ุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ููŽุชู’ุญ ๏ดพ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุจูŽุนู’ุถูู‡ูู…ู’: ุฃูู…ูุฑู’ู†ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ู†ูŽุญู’ู…ูŽุฏูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ูˆูŽู†ูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑูŽู‡ู ุฅูุฐูŽุง ู†ูุตูุฑู’ู†ูŽุง ูˆูŽููุชูุญูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุงุŒ ูˆูŽุณูŽูƒูŽุชูŽ ุจูŽุนู’ุถูู‡ูู…ู’ ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู‚ูู„ู’ ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุงุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ููŠ: ุฃูŽูƒูŽุฐูŽุงูƒูŽ ุชูŽู‚ููˆู„ู ูŠูŽุง ุงุจู’ู†ูŽ ุนูŽุจู‘ูŽุงุณูุŸ ููŽู‚ูู„ู’ุชู: ู„ูŽุงุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ููŽู…ูŽุง ุชูŽู‚ููˆู„ูุŸ ู‚ูู„ู’ุชู: ู‡ููˆูŽ ุฃูŽุฌูŽู„ู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ูŽู‡ู ู„ูŽู‡ูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ๏ดฟ ุฅูุฐูŽุง ุฌูŽุงุก ู†ูŽุตู’ุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ููŽุชู’ุญ ๏ดพุŒ ูˆูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุนูŽู„ูŽุงู…ูŽุฉู ุฃูŽุฌูŽู„ููƒูŽุŒ ๏ดฟ ููŽุณูŽุจู‘ูุญู’ ุจูุญูŽู…ู’ุฏู ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ ูˆูŽุงุณู’ุชูŽุบู’ููุฑู’ู‡ู ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽ ุชูŽูˆู‘ูŽุงุจู‹ุง ๏ดพุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูู…ูŽุฑู: ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ู ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูŽุง ุชูŽู‚ููˆู„ู.

Al Bukhari meriwayatkan dalam kitab Sahihnya dari hadits Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma, ia berkata,โ€ Umar bin Khattab mengikutkanku bersama Ahli Badr, seolah-olah sebagian dari mereka ada yang sesuatu dalam dirinya, dan berkata,โ€ Mengapa engkau ( Umar ) mengikutkan anak ini bersama kami?, kamipun memiliki anak-anak seusianyaโ€. Umar menjawab,โ€ Dia seperti yang sudah kalian tahuโ€. Pada suatu hari Umar mengajaknya dan mengikutkan bersama mereka, hanya sekedar memperkenalkan Ibnu Abbas dihadapan Ahli Badr. Lalu Umar bertanya,โ€ Bagaimana pendapat kalian tentang firman Allah:

๏ดฟ ุฅูุฐูŽุง ุฌูŽุงุก ู†ูŽุตู’ุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ููŽุชู’ุญ ๏ดพ โ€œ
Apabila datang pertolongan Allah dan kemenanganโ€. (QS. An Nasr:1)

Mereka menjawab,โ€ Kita diperintahkan untuk memuji Allah dan memohon ampunan jika kita memperoleh kemenangan, sebagian sahabat lagi terdiam tak berkata. Lalu Umar bertanya kepadaku,โ€Apakah pendapatmu seperti mereka wahai Ibnu Abbas?, Aku berkata, โ€œTidak! Itu adalah ajalnya Rasulullah yang Allah beritahukan kepadanya. Ia (Ibnu Abbas) menafsirkan/penaklukan Makkah. Itu adalah suatu tanda tentang ajalmu (hai Muhammad) karena itu bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan istighfarlah (mohon ampun) kepada-Nya. Sungguh ia adalah Penerima Taubat”. Umar berkata: “Demi Allah, saya tidak mengetahui kandungannya sebelum engkau jelaskan”. ( Sahih Bukhari: 4970)

๐Ÿ“—Ahli tafsir (al mufassirun) Dari Kalangan Tabiโ€™in

โœ”Penduduk Mekkah: mereka adalah murid-murid dari Ibnu Abbas yaitu: Mujahid, Ikrimah dan Athaโ€™ bin Abi Rabbah

โœ”Penduduk Madinah: mereka adalah murid-murid dari Ubay bin Kaโ€™ab yaitu: Zaid bin Aslam, Abu al Aliyah, Muhammad bin Kaโ€™ab al Qurdzi.

โœ”Penduduk Kuffah: mereka adalah murid dari Ibnu Masโ€™ud yaitu: Qatadah, Al Qamah dan Asy Syaโ€™bi.

Sejarah Ulama-Ulama Tafsir dan Kitab-kitabnya ( bersambung )

๐Ÿ”ท๐Ÿ”ถ๐Ÿ”ท๐Ÿ”ถ

Ust. Fauzan Sugiono, Lc

๐ŸŒฟ Dipersembahkan oleh GRUP WA MANTAP- MAJELIS NGAJI TAPOS, DEPOK๐ŸŒฟ

Sebarkan!! Raih pahala

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s