Sastra Jiwa

Assalamu’alaykum Kaum Mukmin, Jangan Lupa BAHAGIA 😅

IMG_7754.JPG

Jika ada suatu sistem kehidupan yang dirancang dan dipersiapkan agar pemeluknya BAHAGIA, sistem itu pastilah Al ISLAM..
Betapa Tidak, dibeberapa kesempatan, Allah SWT Sang Maha Pencipta telah menciptakan banyak Pintu Kebahagiaan untuk HambaNya..

Mari kita Tengok:

1) Allah siapkan BAHAGIA karena beriman dan Istiqomah pada Allah

IMG_7961.JPG

Allah menjanjikan kebahagiaan dalam bentuk tidak ada ketakutan dan kesedihan bagi Mukmin yang Istiqomah..
Dan sebaliknya ada kenestapaan apabila hanya sesekali mengingat Allah SWT atau bahkan melupakan hak-hak Allah untuk Dipatuhi dan ditaati, mengingat dalam Surat lainnya Allah katakan Hanya dengan Mengingatkulah hatimu Tenang (Ar Ra’du ayat 28)

Pangkal Dari kesengsaraan kita adalah bentrok dengan Hukum Dan aturan Allah. Penelitian dan penemuan mutakhir sudah banyak mengungkap hikmah-hikmah dibalik perintah Allah ataupun sunnah Nabi ﷺ . Sungguh menarik, semua aturan dan perintah Allah SWT mampu mendatangkan faedah dan kebermanfaat yang sangat besar bagi manusia. Di sisi lain, pelanggaran akan perintahNya justru lahirkan kerusakan dimuka bumi.

Allah melarang kita mendekati Zina, yang ternyata dampak Zina kita ketahui bersama sangatlah merusak dalam berbagai dimensi. Pada dimensi sosial, rusaklah tatanan Sistem moral yang agung dikehidupan manusia. Manusia kehilangan wibawanya karena -mohon maaf- hampir saja serupa dengan binatang, tanpa ikatan yang benar saling lampiaskan hasrat. Pada dimensi kesehatan, akan mendatangkan kegelisahan yang tak bertepi yang akan mengganggu kesehatan jiwanya, belum lagi jika didapatinya peluang cukup besar dihinggapi penyakit kelamin.

Allah meminta kita untuk berlaku jujur dan adil. Tentu hal ini akan mendatangkan kebaikan bagi pribadi yang menjalankannya karena keikhlasan mengikuti perintah Allah berlaku jujur dan Adil. Dan sudah pasti lahirkan kebahagiaan bagi lingkungan, karena hanya masyarakat yang berlingkungan jujur saja yang mampu hidup bahagia perantara mereka terhindarkan dari budaya saling mencurigai dan prasangka buruk yang merupakan pangkal dari kegelisahan.

Dan tentu banyak hal lain lagi yang mampu diungkap untuk memperkuat pernyataan bahwa Sumber kebahagiaan adalah menjalani hidup ini sesuai Fitrah yang Allah telah gariskan, dan Sumber kenestapaan tak Berujung adalah bentrok dengan hukum Allah.

2) Allah Siapkan Kebahagiaan Bagi mereka yang Senang Memberi.

IMG_7956.JPG

Teori Neuroscience mengatakan ada salah satu bagian Otak yang teraktivasi dan mampu melahirkan efek tenang dan bahagia dengan cara rajin memberi kepada sesama, pernyataan ini saya kutip dari penjelasan dr. Amir Zuhdi salah satu pakar Neuroscience.

Masih Ragu? Cobalah lakukan hal sederhana dengan cara berbagi cemilan, berbagi pakaian kita yang berlebih, memberikan Hadiah untuk kerabat atau sahabat, memberi senyum kepada sesama, lalu perhatikan apa yang Terjadi 😅

Umumnya Orang yang mampu memberi adalah orang dengan karakter jiwa merdeka yang tidak terkungkung oleh jiwa bakhil dan takut berkurang segala sesuatu yang dimiliki perantara memberi. Dan sungguh, Hanya Orang Merdeka saja yang mampu Bahagia, pernyataan ini tak terbantahkan.

Terdapat banyak lagi ayat yang berkenan tentang Kebahagiaan yang tercantum dalam Al-Qur’an. Yang pada akhirnya dengan Keinsyafan, kita pahami Bahwa kebahagiaan lahir akibat dari mengikuti apa yang telah Allah gariskan dan sungguh kebahagiaan adalah Hak bagi seluruh orang beriman. Untuk itu, Jangan LUPA BAHAGIA 😁😅

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s